Selasa, 17 Januari 2012

Pilah Pilih angkot

Setelah denger berita beberapa waktu lalu tentang perempuan yang diperkosa di angkot M26 gue jadi semakin was-was ada di kendaraan umum. Sebelumnya gue emang udah trauma naik Angkutan Umum yaitu METROMINI! Karena suatu hal yang bikin gue syok pastinya. Abis itu gue ngga mau naik metromini lagi. Gue lebih pilih naik angkot. Walaupun sebenernya naik metromini lebih murah, lebih cepet juga. Dengan resiko tinggi tapinya, kalo naik metromini itu belum tentu kita duduk. Kalo lagi rame ya mau ngga mau berdiri, desek-desekan. Belum lagi kalo ada yang bau badan gitu, engap deh. Kalo naik angkot kita udah pasti pilih angkot kosong yang udah jelas ada tempat buat kita duduk. Menurut gue sih angkot better lah than metromini.

Balik lagi ke soal angkot, sekarang di Jakarta para supir-supir angkot udah wajib pake seragam dan tanda pengenal diri. Alasannya apalagi kalo bukan buat keamanan dan ketertiban? Pertanyaan gue kenapa ngga dari dulu aja ada peraturan ini? Kan jadi lebih enak juga diliatnya, rapih. Tapi ya inilah pemerintah kita. Harus ada korban dulu baru sadar apa yang harus dilakuin. Tapi ngga papa deh dari pada ngga sama sekali kan. Kalo di Bogor, peraturan ini belum berlaku. Angkot-angkot bogor baru pake stiker trayek resmi dari DLLAJ. Disitu ada nomor trayek sama jurusannya. Seenggaknya ini berarti kalo angkot itu terdaftar di DLLAJ.

Nah, kalo gue sendiri dulu ngga pernah peduli ada stiker resminya apa ngga. Gue milih angkot yang modifannya keren terus supirnya masih muda. Alasannya karena gue pikir angkot-angkot yang kaya gitu lebih cepet dibanding angkot biasa atau yang supirnya bapak-bapak. Tapi ada juga loh yang supirnya bapak-bapak tapi cepet nyupirnya. Kalo sekarang gue lebih liat ke stiker resminya, biar aman juga. Gue pikir juga supir bapak-bapak itu ngga masalah. Malahan agak sedikit lebih aman. Karena logikanya kalo udah bapak-bapak pasti udah kawin, udah punya anak, anaknya ada yang cewe ada yang cowo. Jadi, kalo dia mau jahat sama kita seharusnya dia kepikir anaknya "Gimana kalo seandainya anak gue yang dijahatin supir angkot?". Dan kalo dia emang punya hati pasti dia bakal urungin niatnya buat jahatin kita. Tapi itu semua ngga bisa jadi patokan kita. Yang paling penting itu kita harus hati-hati. Gue punya sedikit tips buat kalian yang setiap hari pasti naik turun angkutan umum biar merasa sedikit aman.
Berikut tips-nya:

1. Jangan pamerin barang berharga
Jangan pamerin barang berharga lo ke orang-orang yang ada di angkutan umum. Misal, lo bawa laptop terus lo teriak-teriak "Woy di tas gue ada laptop dong, gambar desktopnya foto laki gue. Dia ganteng. Dia manusia paling ganteng di hati gue. Ada yang mau liat?". Oh no! itu sangat sangat tidak disarankan. Atau yang umum mainin HP terus ditaro di kantong celana atau kantong tas paling depan. Itu mengundang orang jahat buat merogoh kantong lo.

2. Jangan pake baju yang terbuka
Misal lo sendirian pake tanktop atau hot pants terus naik angkutan umum atau pake rok mini dan ngga bisa duduk rapet. Sesungguhnya itu sangat berbahaya. Menyebabkan mata merah, pikiran tak terkendali dan masuk angin.

3. Pikiran jangan kosong
Usahain buat tetep jaga pikiran lo. Seenggaknya pikiran lo ada isinya biar ngga gampang dimasukin orang. Tapi ngga harus mikirin hal-hal berat juga. Kaya misal mikirin mantan lo yang udah punya pacar lagi tapi lo belom atau mikirin gimana gajah masuk kulkas. Fail. Kalo emang ngga ada pikiran lo bisa dzikir sepanjang perjalanan. Inget Tuhan deh pokoknya ;)

4. Jangan terima makanan atau minuman dari orang yang ngga dikenal
Jangan terima makanan atau minuman dari orang yang ngga dikenal sekalipun lo udah kelaperan banget sampe sekarat. Lebih baik lo mampir dulu ke tempat makan. Mau dia ngasih pizza, paha ayam kalkun, sushi,  dorayaki atau nasi goreng pete sekalipun jangan diterima!!!

5. Jangan natap mata orang yang ngga dikenal terlalu lama
Ada orang yang bilang, katanya kalo ngobrol ngga ngeliatin mata itu ngga sopan. Emang bener sih tapi kalo seandainya kita curiga sama orang yang ajak ngobrol kita ngga masalah kok kita natap matanya sesekali aja. Demi keamanan juga kan. Begitu juga kalo ngeliat lawan jenis yang disuka, jangan natap matanya lama-lama dari pada keburu jatoh terlalu dalam dan susah buat keluarnya lagi *eaeaea

6. Berdoa sebelum keluar dari rumah
Berdoa itu penting! Jadi usahain lo selalu berdoa. Apalagi kalo mau keluar rumah. Paling ngga lo berdoa buat dikasih keselamatan sampe tujuan. Berdoa biar cepet dapet pacar juga ngga apa-apa atau biar rezekinya lancar juga boleh. Oh! atau biar cepet move on? Iya boleh banget. hahaha

Sekianlah tips dari saya, semoga berguna yaaaa!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar